Selasa, 29 Januari 2008

Kajian Diri


Tahukah kita, bahwa kedua orang tua kita...mereka adalah wasilah adanya manusia, sehingga wajib bagi kita untuk berbuat yang terbaik bagi keduanya. Ayah yang telah memberi nafkah dan Ibu yang telah memberikan kasih sayangnya....Allah SWT yang menciptakan dan mengadakan, dan orang tualah dengan izin Allah SWT yang melahirkan dan mendidik, sehingga Allah SWT mengingatkan kita sebagaimana tertuang dalam Al-Qur’an Surah Luqman Ayat 31, yang berbunyi :

Artinya : Hendaklah Engkau bersyukur kepadaku dan kepada kedua orangtuamu.

Sesungguhnya keutamaan dan buah dari berbakti kepada orang tua adalah agung, besar dan banyak, diantaranya :

1. Diterimanya amal – amal shaleh dan dihapuskannya dosa – dosa

2. Terkabulnya Do’a

3. Lapang dada dan kebaikan hidup

Sesungguhnya orang yang berbakti kepada orang tuanya, telah melakukan tingkatan silaturahmi yang tertinggi, yang barangsiapa mewujudkannya pasti mendapatkan karunia yang besar dan pahala yang mulia sebagai balasannya.

Dan Allah Subhana Wa Ta’ala sering merangkaikan antara kewajiban mahluk beribadah kepada-Nya dengan berbuat baik kepada orang tua, diantaranya :

“Dan beribadahlah kepada Allah dan janganlah kamu menyekutukan-Nya dengan sesuatupun dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua” (QS. An-Nisa : 36)

Dan juga firmannya : QS. Al-Isra : 23

Dan Rabbmu telah memerintahkan supaya kamu jangan beribadah kecuali kepada-Nya dan berbuat baiklah kepada kedua orang tua.

Maka jelas dan tegaslah bagi kita semua, bahwasanya tidak ada tawar menawar lagi bagi kita semua untuk menjaga dan berbuat baik kepada kedua orang tua, karena itu setara dengan kita beribadah kepada Allah SWT.

1 komentar:

AsriYasin mengatakan...

blog nya bagus banget, salut!!
kunjungi blog kita juga yaa, tapi masih belajar neh...bagi kiat2 donk biar blogku tambah menarik

Aceeyasin